5 Alasan Pentingnya Sarapan Pagi Sebelum Memulai Aktivitas

sarapan pagi roti

Pekanbaru, Rotte Bakery – Sarapan adalah kegiatan makan dan minum yang dilakukan antara bangun pagi sampai jam 9 untuk memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian, dalam rangka mewujudkan hidup sehat, aktif, dan produktif.

Snack Box Enak dan Murah Meriah dan Enak dari Rotte Bakery

Namun, Sarapan menjadi waktu makan yang sering terabaikan bagi kebanyakan orang. Alasan terburu-buru, hingga tidak terbiasa memulai hari dengan sarapan membuat sebagian orang melewatkan sarapan pagi. Padahal, banyak manfaat dari sarapan pagi dan penting bagi tubuh kita.

” Kalau habis tidur 8 jam tidak makan dan minum otomatis kadar glukosa dalam tubuh rendah. Jika tidak mengonsumsi makanan setelah bangun tidur makan akan lemas karena tidak akan bahan bakar yang masuk ” kata Ahli Gizi UGM, Dr. Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih, S.Gz., M.P,H., RD menjelaskan mengapa sarapan penting untuk dilakukan.

Mengapa Sarapan itu Penting Bagi Tubuh?

Mengapa sarapan penting untuk dilakukan. Nah berikut berbagai macam manfaat yang didapatkan jika sarapan sebelum memulai aktivitas

1. Memberi nutrisi yang dibutuhkan tubuh

Mengonsumsi sarapan pagi yang sehat akan membantu tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya, menjadi sumber energi atau penyedia bahan bakar bagi tubuh untuk beraktivitas di siang hari.

2. Membantu metabolisme dan melindungi tubuh dari penyakit

Membantu metabolisme dan membakar kalori sepanjang hari, Tidak hanya itu sarapan juga dapat mencegah penyakit maag. Sebab, dengan sarapan lambung akan terisi makanan yang akan menetralisir asam lambung.

Apabila lambung kosong terlalu lama akan meningkatkan asam lambung dan jika ini terus dibiarkan akan memicu mual dan muntah. Dengan sarapan pagi kamu dapat mengurangi penyakit tersebut agar tidak menyerang untuk jangka panjang, tubuh sehat sampai tua.

3. Lebih Konsentrasi dan meningkatkan kemampuan kognitif otak

Beberapa riset sudah membuktikan, orang-orang yang tidak sarapan pagi akan merasa sulit untuk fokus, berkonsentrasi, dan mengingat. Kondisi ini akan membuat pekerjaan harian Anda terasa lebih berat tentunya.dengan sarapan dapatmenjadi sumber energi bagi otak. dan bagus meningkatkan fungsi kognitif dan konsentrasi.

4. Menjaga dan Membantu menurunkan berat badan

Tenang, Sarapan tidak akan pernah disimpan dalam tubuh sebagai lemak kok, karena digunakan untuk beraktivitas sehingga aman untuk kamu yang sedang menjalankan diet.

Saat seseorang sarapan, zat kimia dilepaskan dan menghasilkan perasaan puas sehingga bermanfaat untuk mengatur asupan pada jam-jam makan berikutnya. Namun, orang yang melewatkan sarapan memiliki tingkat dopamin yang rendah sehingga cenderung makan secara berlebihan pada jam-jam berikutnya.

5. Meningkatkan mood

Selain itu, sarapan juga mampu menjaga suasana hati atau mood. Sarapan menjadi bahan energi yang membuat kondisi otak segar sehingga menjadikan mood bagus. Sebaliknya jika berada dalam kondisi lapar menjadikan otak lelah dan memengaruhi mood saat belajar atau beraktivitas menjadi lesu ataupun mudah emosi.

Cara Menyiapkan Sarapan Pagi

Sarapan sehat setiap pagi dapat diwujudkan dengan bangun pagi, mempersiapkan dan mengonsumsi makanan dan minuman pagi sebelum melakukan aktifitas harian.

Disarankan untuk bisa membuat sarapan yang kita makan menjadi sumber energi yang baik, ialah dengan memilih sarapan dengan makanan rendah lemak, hindari makanan daging berlemak tinggi, makanan tinggi protein, makanan kaya serat, sayuran dan buah-buahan sangat baik untuk sarapan, jangan lupa juga untuk pilih telur dan susu yang sangat baik untuk sarapan.

Apalagi bagi kamu yang super sibuk nggak sempat untuk memasak atau menyiapkan sarapan makanan berat, kamu bisa tetap sarapan dengan roti gandum ditemani susu.

Jika Tidak Sempat Membuat Sarapan Pagi

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Roti menjadi salah satu contoh menu sarapan yang sehat karna mengandung Karbohidrat komplek yang dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. juga dinilai sebagai sumber protein nabati yang baik untuk tubuh.

Nah, untuk kamu yang masih kebingungan memilih Roti untuk Sarapan yuk jadikan Rotte Bakery sebagai Roti pilihan yang menemani Sarapan mu untuk memulai hari. Yang menyediakan lebih 100 varian roti bermutu dan halal dengan harga yang murah dengan cabang yang tersebar di Riau. memproduksi aneka varian roti yang terjangkau masyarakat kebanyakan.

Outlet Rotte Bakery buka lebih cepat yakni jam 6 pagi dan tutupnya jam 10 malam. Tentunya ini menjadi solusi bagi teman-teman yang tidak sempat memasak atau tidak sempat sarapan dirumah. Varian yang cocok untuk sarapan adalah roti sosis, roti tawar gandum, roti tawar ori, dan roti pillow .

Setelah memahami banyaknya manfaat sarapan pagi yang bisa Anda dapatkan, sebaiknya hindari melewatkan pagi tanpa mengonsumsi makanan bergizi. Percayalah, hari Anda akan lebih baik jika membiasakan diri untuk sarapan di pagi hari.

Penulis : Anisa Putri
Gambar : Zona Banten

Promo Shopee Roti Cake Donat Brownies by Rotte Bakery