5 Fakta Menarik Tentang Roti

roti tawar

Pekanbaru, Rotte Bakery – Siapa sih yang tidak mengenal roti? Olahan lezat yang mengandung karbohidrat ini telah dikenal oleh dunia sejak dahulu. Bahkan tak terhitung sudah berapa banyak menu yang dibuat dengan berbahan dasar roti. Eksistensi roti yang mendunia dan bahkan menjadi makanan pokok di banyak negara ini tak luput dari sejarah dan fakta menarik yang menghiasinya.

Snack Box Enak dan Murah Meriah dan Enak dari Rotte Bakery

5 Fakta Menarik Tentang Roti

Untuk Rotte Lovers yang penasaran mengenai fakta menarik roti yang menjadi salah satu makanan favorit hampir semua orang di dunia. Berikut fakta lima menariknya!

1. Sejarah awal roti

Rotte Lovers tau ga roti adalah makanan tertua di dunia? Awal mula munculnya anggapan bahwa roti merupakan makanan tertua di dunia adalah ketika di Eropa ditemukan bebatuan yang biasa digunakan untuk menumbuk makanan yang di atas permukaannya terdapat residu tepung.

Penemuan ini terjadi terjadi 30.000 tahun yang lalu. Dikarenakan saat itu belum ditemukan tepung sebagai bahan utama roti, maka muncullah spekulasi bahwa residu tepung tersebut berasal dari umbi-umbian.

Akan tetapi penggunaan umbi-umbian sebagai tepung mulai berubah ketika zaman neolitikum tiba yaitu sekitar 10.000 tahun sebelum masehi. Pada era tersebut pertanian semakin berkembang sehingga masyarakat lebih banyak menggunakan biji-bijian sebagai bahan makanan termasuk membuat roti.

Sejarah roti lain mengatakan bahwa roti pertama kali ditemukan di Mesir dan daerah Mesopotamia sekitar 12.000 tahun yang lalu. Masyarakat disana gemar mengkonsumsi gandum dan suatu hari mereka mulai menemukan cara lain mengkonsumsinya selain dimakan secara langsung, yaitu dengan menjadikannya sebagai pasta lalu dimasak diatas api.

Tentunya saat itu roti hanya berbentuk seadanya karena belum ditemukannya ragi sebagai pengembang. Roti yang sudah dimasak tersebut pun bisa disimpan selama berhari-hari sebagai pasokan makanan.

2. Budaya dari roti

Dibeberapa negara roti menjadi simbol kebudayaan, seperti di Indonesia ada Roti Buaya yang menjadi salah satu seserahan wajib dalam pernikahan adat Betawi sebagai simbol kesetiaan dan kemakmuran.

Dengan memberikan sepasang Roti Buaya saat pernikahan, diharapkan pasangan pengantin akan selalu setia sampai maut memisahkan dan memiliki kehidupan rumah tangga yang tangguh dan bisa melewati berbagai cobaan bersama tanpa saling terpisahkan. Sedangkan di Prancis, Bagguet menjadi simbol budaya, selain anggur wine, dan keju.

3. Negara dengan konsumsi roti terbanyak

Menurut Guinness World Records negara Turkey menjadi negara yang menempati peringkat pertama pengonsumsi roti terbanyak di dunia dengan lebih dari 104 kilogram konsumsi roti rata-rata perorang diikuti oleh Serbia dengan 135 kg, dan Bulgaria dengan 133,1 kg.

4. Roti gandum sering dianggap tidak menarik.

Banyak orang yang menganggap bahwa roti gandum tidak semenarik roti tawar dengan warna putih atau yang lebih cerah, padahal kandungan nutrisi roti gandum jauh lebih tinggi dari roti tawar putih lho Rotte Lovers.

Roti gandum mengandung kalori yang lebih rendah dibandingkan roti tawar putih. Selain itu roti gandum memiliki kandungan serat yang lebih banyak daripada roti tawar putih, sehingga roti gandum lebih ampuh dalam memberikan efek kenyang pada tubuh.

5. Jenis roti

Berbicara mengenai roti masa kini, tentunya ada berbagai jenis dan varian yang telah dikenal oleh masyarakat. Sebut saja roti manis yang mempunyai cita rasa manis yang menonjol serta bertekstur empuk dengan topping dan isian berbagai macam varian rasa, roti asin bertabur abon, keju, dan sosis, Muffin, Bomboloni, dan masih banyak lagi.

Semua jenis roti tersebut tersedia di Rotte Bakery lho Rotte Lovers. Ayo segera kunjungi outlet Rotte terdekat di daerahmu dan dapatkan roti favorit kamu yaaa…!

Penulis : Celine Mutiara Putri
Sumber : Idntimes

Promo Shopee Roti Cake Donat Brownies by Rotte Bakery