Perbedaan antara Cake, Bolu dan Brownies Sekaligus Cara Menyimpannya

Rotte Bakery – Banyak yang mengira bahwa cake, bolu dan brownies itu sama saja, padahal berbeda. Perbedaan ini terletak pada komposisinya, kandungan didalamnya, momen penyajiannya dan cara memasaknya. Ingin tau lebih jauh, baca artikel ini sampai selesai ya.

Snack Box Enak dan Murah Meriah dan Enak dari Rotte Bakery

Cake

Cake adalah makanan yang biasanya berbentuk bundar atau persegi dan terbuat dari bahan-bahan seperti tepung terigu, telur, gula, mentega, dan bahan-bahan lain seperti cokelat, buah-buahan, kacang-kacangan, atau rempah-rempah. Kue biasanya dipanggang dalam oven dan sering dihias dengan glasir atau krim. Cake bisa menjadi hidangan yang lezat dan populer di berbagai acara dan perayaan, seperti ulang tahun, pernikahan, dan Natal.

Bolu

Bolu adalah jenis kue yang mirip dengan cake, namun memiliki tekstur yang lebih padat dan berpori-pori. Bolu biasanya terbuat dari bahan yang sama dengan cake, seperti tepung terigu, telur, gula, mentega, dan bahan-bahan lainnya, namun adonan bolu memiliki proporsi bahan yang berbeda sehingga menghasilkan tekstur yang berbeda pula.

Bolu bisa dikreasikan dengan berbagai macam rasa dan hiasan, seperti cokelat, keju, buah-buahan, atau kacang-kacangan. Bolu sering kali dihidangkan sebagai makanan penutup atau camilan di berbagai acara, baik formal maupun informal.

Brownies

Brownies adalah jenis kue yang berasal dari Amerika Serikat. Brownies terbuat dari campuran cokelat, tepung terigu, gula, telur, dan mentega atau minyak goreng. Adonan brownies yang kental kemudian dipanggang dalam oven dan hasilnya adalah kue dengan tekstur yang lembut dan kenyal di bagian dalam, dengan kerak cokelat yang renyah di bagian atas.

Brownies biasanya memiliki rasa yang manis dan cokelat yang kuat, dan dapat divariasikan dengan menambahkan kacang-kacangan, buah-buahan, atau rempah-rempah seperti kayu manis. Brownies seringkali dihidangkan sebagai makanan penutup atau camilan, dan juga menjadi populer sebagai hadiah atau kado yang disajikan dalam kotak khusus. Brownies menjadi salah satu jenis kue yang sangat populer di seluruh dunia.

Cara Menyimpan Cake, Bolu dan Brownies

Cara menyimpan cake, bolu, dan brownies tergantung pada jenisnya dan faktor-faktor seperti suhu dan kelembaban lingkungan. Berikut adalah beberapa tips umum untuk menyimpan ketiga jenis kue tersebut:

  1. Cake: Untuk menyimpan cake, bungkus cake dengan rapat dalam kantong plastik atau bungkus alumunium foil dan simpan dalam wadah kedap udara. Jika cake sudah dipotong, bungkuslah setiap potongan secara terpisah. Simpan dalam lemari es atau kulkas untuk menjaga kesegaran selama beberapa hari. Sebelum disajikan, biarkan cake mencapai suhu ruangan selama beberapa jam.
  2. Bolu: Bolu biasanya bisa disimpan dalam wadah kedap udara di suhu ruangan selama 2-3 hari. Jika bolu sudah dipotong, bungkuslah setiap potongan secara terpisah agar tetap segar. Bolu juga bisa disimpan dalam lemari es atau kulkas untuk menjaga kesegarannya selama lebih dari 3 hari.
  3. Brownies: Brownies juga bisa disimpan dalam wadah kedap udara di suhu ruangan selama 2-3 hari. Jika brownies sudah dipotong, bungkuslah setiap potongan secara terpisah agar tetap segar. Brownies yang lebih lembut atau lebih basah dapat disimpan dalam lemari es atau kulkas untuk menjaga kelembabannya selama lebih dari 3 hari.

Perlu diingat, jangan simpan kue-kue ini bersama dengan makanan yang berbau atau berasa kuat seperti bawang atau rempah-rempah yang tajam, karena bisa mempengaruhi rasa kue. Selain itu, pastikan wadah atau bungkus yang digunakan bersih dan kering untuk mencegah pertumbuhan jamur atau bakteri yang dapat membuat kue menjadi rusak.
Gambar oleh Karolina Grabowska dari Pixabay

Promo Shopee Roti Cake Donat Brownies by Rotte Bakery