Tips Mengolah Daging Kurban Sapi dan Kambing Agar Empuk dan Tidak Bau, Yuk simak!

Tips Mengolah Daging Kurban Sapi dan Kambing Agar Empuk dan Tidak Bau

Pekanbaru, Rotte Bakery – Hai Rotte Lovers, umat muslim tentunya akan merayakan Lebaran Idul Adha yang dimana Idul Adha identik dengan hari raya haji atau Qurban.  Qurban sendiri adalah ibadah menyembelih hewan ternak yang merupakan salah satu bagian dari syiar Islam yang disyariatkan dalam Al Quran.

Snack Box Enak dan Murah Meriah dan Enak dari Rotte Bakery

Pada Hari Raya tersebut umat Muslim berbondong-bondong berkurban untuk kaum dhuafa. Di Indonesia, hewan kurban biasanya terdiri dari dua jenis yakni sapi dan kambing.

Namun, pengolahan daging kurban harus diperhatikan dengan detail. Kesalahan dalam pengolahan daging khususnya daging kambing, biasanya memunculkan bau yang tidak sedap.

Tak jarang teksturnya pun jadi tidak lunak. Untuk itu, kali ini mimin mau berbagi tips mengolah daging kurban sapi ataupun kambing agar tidak bau dan tetap empuk.

Tips cara mencuci daging sapi agar tak bau

Ada beberapa hal yang kamu lakukan dalam mencuci daging sapi dengan tepat.

  • Ketika daging sapi sudah dicuci usahakan langsung dimasak atau bisa dengan merebus sebentar saja daging sapi hingga warna airnya keruh.
  • Buang air tersebut dan kamu bisa langsung memasaknya kembali.
  • Untuk daging sapi yang tidak langsung dimasak, jangan dicuci terlebih dahulu.
  • Gunakan air mengalir/bersih untuk membersihkan daging sapi.

Cara menyimpan daging sapi agar awet

Selain cara mencuci daging sapi dengan benar, penyimpanan daging juga perlu diperhatikan. Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

  • Usahakan simpan daging sapi di kulkas dengan suhu 1 derajat atau freezer dengan suhu -18 derajat celcius segera setelah mendapatkan daging kurban. Hal ini berguna agar nutrisi dalam daging tidak hilang dan bisa memperpanjang usia daging.
  • Apabila disimpan dalam freezer, daging sapi mentah bisa bertahan hingga 3-4 bulan. Namun jika disimpan dlam kulkas, hanya bertahan 2 hari saja
  • Simpan daging sapi dalam wadah bersih dan tertutup rapat.
  • Jika ingin mencairkan daging sapi beku dari freezer maka taruh dalam lemari es dahulu untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

Cara mengolah daging sapi sebelum dimasak

Berikut cara mengolah daging sapi sebelum dimasak.

  • Buang lemak yang ada dalam daging sapi.
  • Jika akan memasak daging sapi sarankan untuk memanggang dan merebusnya.
  • Jika akan Masak daging sapi dalam penggorengan, oven atau air dengan suhu di atas 70 derajat celcius untuk membunuh bakteri.

2. Cara mengolah daging kambing yang mudah

Sama seperti daging sapi, cara mengolah daging kambing juga tidak bisa sembarang. Ada teknik dan cara tertentu agar daging kambing bisa enak ketika dimasak. Apalagi, daging kambing cenderung berbau prengus.

Cara mencuci daging kambing agak tidak bau

Berikut cara mencuci daging kambing sebelum dimasak.

  • Mencuci dengan air biasa dalam wadah.
  • Tambahkan rebusan air jeruk nipis untuk membersihkan dan menghilangkan bau daging. Diamkan setengah jam sebelum daging di masak.
  • Bersihkan dengan air dan beri parutan nanas, cara ini selain bisa menghilangkan bau juga membantu agar daging  empuk saat dimasak.

Cara menyimpan daging kambing agar awet

Selain cara mencuci daging kambing dengan benar, penyimpanan daging juga perlu diperhatikan. Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu perhatikan.

  • Menyimpan daging ke dalam wadah kedap udara, kemudian letakkan di lemari es.
  • Simpan ke dalam freezer dan pastikan suhunya berada di bawah 10 derajat celcius dan kulkas di bawah 4 derajat celsius. Suhu penyimpanan yang tidak tepat akan membuat daging mudah rusak saat disimpan.
  • Dalam suhu kulkas, daging merah bisa disimpan 4-5 hari. Pada suhu freezer, daging kmerah bisa disimpan hingga 4-12 bulan.

Cara mengolah daging kambing sebelum di masak

Sebelum daging kambing dibuat sebuah masakan, ada beberapa cara pengolahan yang bisa dilakukan agar bisa memasak daging kambing yang enak.

  • Langsung mengolah daging kambing yang baru disembelih, tanpa mencucinya terlebih dahulu baik dengan air maupun bahan pencuci lainnya, karena bau prengus dan amis akan berkurang dengan sendirinya jika dimasak dengan benar (sampai meresap, tanak, dan cukup waktu).
  • Jangan lupa berhati-hati ketika memotong daging kambing agar tidak terkena kotoran.
  • Jika bulu-bulu kambing masih menempel halus dan tipis, cabuti saja pelan-pelan.
  • Cara memotong daging dengan benar yakni memotong searah serat daging

3. Cara mengolah daging kurban agar cepat empuk saat dimasak

Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar bisa mendapatkan daging yang empuk, wangi harum dan tidak lezat.

Pertama, cara mengolah daging sapi  kamu bisa memotong daging dengan melawan alur urat dan seratnya. Memotong dengan cara ini bisa membantu agar daging menjadi empuk setelah dimasak nanti.

Kemudian, cara selanjutnya adalah dengan memukul-mukul daging sebelum di masak. Gunanya untuk melemaskan otot daging dan seratnya lebih lembut setelah dimasak nanti.

Untuk daging kambing, ada beberapa cara mengolah daging kambing. Kamu  bisa menggunakan beberapa teknik salah satunya yakni membungkus daging dengan daun pepaya dan buah nanas. Daun pepaya bisa membuat daging menjadi empuk setelah matang sedangkan nanas untuk menghilangkan bau prengusnya.

Kesimpulannya

Itulah tadi bagaimana cara mengolah daging kurban sebelum di masak agar nikmat dan lezat. Tidak hanya teknik memasak saja yang perlu kamu perhatikan, tapi teknik preparation cara mengolah daging kurban sebelum memasak juga harus kamu lakukan dengan benar ya.

Penulis : Nina A. Suheri
Editor : Haryono
Foto : joon2079 dari Pixabay

Promo Shopee Roti Cake Donat Brownies by Rotte Bakery