10 Jenis Keju yang Dikenal Dunia Kuliner

10 Jenis Keju yang Dikenal Dunia Kuliner

Rotte Bakery – Keju, dengan keanekaragaman rasa, tekstur, dan asal usulnya yang begitu luas, telah menjadi salah satu bintang utama dalam dunia kuliner. Dari yang lembut dan krimi hingga yang tajam dan kuat, jenis-jenis keju membentuk peta rasa yang menggugah selera di seluruh dunia.

Snack Box Enak dan Murah Meriah dan Enak dari Rotte Bakery

Dalam eksplorasi kita tentang beragamnya keju, kita akan merangkai cerita mengenai karakteristik unik dari setiap jenis keju yang mengundang kenikmatan bagi lidah para penikmat kuliner. Keju telah menjadi bagian tak terpisahkan dari makanan di berbagai belahan dunia. Dengan berbagai macam rasa, tekstur, dan asal usul, keju memiliki daya tarik yang tak dapat diabaikan bagi para pecinta kuliner.

10 Jenis Keju yang Dikenal dalam Dunia Kuliner

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa jenis keju paling populer dan menarik dari seluruh dunia.

1.  Keju Cheddar

Cheddar adalah jenis keju yang berasal dari Inggris dan memiliki cita rasa yang khas. Keju ini terkenal karena teksturnya yang keras, padat dan sering digunakan dalam makanan cepat saji, sandwich, dan hidangan panggang. Cheddar juga memiliki variasi warna, dari putih hingga kuning, tergantung pada lamanya pematangan dan bahan tambahan yang digunakan.

2. Keju Mozzarella

Mozzarella adalah keju asal Italia yang dikenal karena kemampuannya meleleh dengan sempurna ketika dipanaskan. Keju ini sering digunakan dalam hidangan seperti pizza, lasagna, dan caprese salad. Mozzarella memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang ringan. Tekstur keju ini lembut dan berkadar air tinggi.

3. Keju Brie

Brie adalah keju lembut asal Prancis yang memiliki kulit tipis yang bisa dimakan. Keju ini memiliki rasa lembut dan krimi, dengan aroma yang khas. Brie sangat baik dinikmati dengan roti atau buah-buahan segar. Dulunya keju brie ini hanya bisa didapatkan di Kota Paris saja dan tidak bisa dikirim ke daerah lain. Dari literatur yang ditersedia, keju brie ini adalah keju yang menjadi hidangan raja-raja di Prancis pada masa dahulu.

4. Keju Roquefort

Roquefort adalah keju biru yang terkenal dari Prancis. Roquefort adalah keju yang dibuat dari susu domba. Keju ini memiliki serat biru yang terbentuk akibat pertumbuhan jamur tertentu selama proses pematangan. Roquefort memiliki cita rasa kuat, tajam, dan gurih, yang disukai oleh mereka yang menyukai keju dengan karakter kuat.

5. Keju Parmigiano-Reggiano

Juga dikenal sebagai Parmesan, keju ini berasal dari Italia terpatnya daerah Parma. Keju ini sangat terkenal sebagai tambahan pada pasta dan hidangan salad. Parmigiano-Reggiano memiliki rasa yang tajam dan gurih, serta tekstur yang renyah akibat proses pematangannya yang lama.

Parmigiano-Reggiano merupakan keju yang memiliki tekstur keras yang dibuat dari susu sapi yang diproduksi di daerah-daerah di Italia oleh pembuat keju yang tergabung dalam Consorzio Formaggio Parmigiano-Reggiano. Consorzio Formaggio Parmigiano-Reggiano adalah suatu organisasi mandiri yang mengurusi produk susudi Italia.

6. Keju Gouda

Gouda adalah keju asal Belanda yang terkenal karena rasa yang lembut dan manis. Keju ini memiliki berbagai tingkat kematangan, mulai dari yang muda dengan tekstur lembut hingga yang tua dengan rasa yang lebih kaya dan kristal-kristal garam yang terbentuk akibat pematangan.

Gouda ini merupakan salah satu nama daerah di Belanda.  Keju Gouda terkenal karena rasanya yang khas dan bentuknya yang bulat lucu sehingga mudah dikenali.

7. Keju Camembert

Seperti Brie, Camembert juga adalah keju lembut Prancis yang memiliki kulit tipis yang dapat dimakan. Camembert memiliki rasa yang lebih kuat dibandingkan Brie dan sering dianggap memiliki aroma bumi yang khas. Keju Camembert memiliki kesamaan dalam proses pembuatannya dengan keju Brie.

Keduanya berasal dari Prancis, namun Camembert diproduksi dalam ukuran yang lebih kecil. Perbedaan ukuran ini mempengaruhi proses pematangan Camembert, menghasilkan karakteristik yang berbeda dari Brie. Rasa Camembert juga cenderung lebih kuat daripada Brie. Keju Camembert disajikan dengan baik pada suhu ruangan karena dapat meleleh dengan mudah jika terkena panas.

8. Keju Feta

Feta adalah keju asal Yunani yang terbuat dari campuran susu domba atau kambing. Keju ini memiliki tekstur yang serpih dan rasa yang asin serta pedas. Feta sering digunakan dalam hidangan-hidangan Mediterania seperti salad Greek. Keju Feta ini telah diproduksi di Yunani sejak zaman dahulu kala dan kini telah menyebar ke seluruh Balkan ataupun wilayah Eropa lainnya.

9. Keju Swiss (Emmental)

Keju Swiss, atau yang juga dikenal sebagai Emmental, memiliki ciri khas lubang-lubang besar yang terbentuk selama proses fermentasi. Keju ini berasal dari Swiss dan memiliki rasa yang manis dan sedikit kacang.

Keju Swiss yang dikenal di seluruh dunia memiliki karakteristik khas yang mudah dikenali yakni memiliki warna kuning pucat, memberikan sentuhan rasa kacang yang lembut, dan ditandai dengan keberadaan banyak lubang pada teksturnya. Mayoritas keju Swiss diproduksi dari susu sapi.

Dalam banyak ilustrasi gambar, potongan keju itu memiliki banyak lubang, padahal sebenarnya keju yang memiliki banyak lubang adalah keju swiss. Untuk keju-keju jenis lainnya tidak memiliki lubang seperti keju Swiss ini.

10. Keju Provolone

Provolone adalah keju asal Napoli di Italia yang tersedia dalam dua variasi yakni Provolone Dolce (manis) dan Provolone Piccante (pedas). Provolone Dolce memiliki rasa yang lembut dan manis, sementara Provolone Piccante memiliki cita rasa yang lebih tajam dan intens.

Semua jenis keju Provolone memiliki kulit yang tipis dan halus, dengan warna kuning keemasan yang khas. Bentuk dari keju Provolone bervariasi, ada yang menyerupai buah pir, melon, atau bahkan dibentuk seperti sosis.

Meskipun variasi bentuk tersebut, yang paling umum ditemui di toko-toko di Italia adalah yang berbentuk seperti sosis. Berat dari keju Provolone bervariasi tergantung pada produsennya.

Kesimpulan

Keju adalah sajian kuliner yang menawarkan berbagai macam rasa dan tekstur yang menggugah selera. Dari yang lembut hingga yang tajam, dari yang manis hingga yang gurih, keju memberikan pilihan tak terbatas bagi para pecinta makanan. Dengan berbagai jenis keju yang ada di dunia ini, setiap orang dapat menemukan keju favorit mereka yang cocok dengan selera dan preferensi mereka. Dari banyak jenis keju yang disampaikan disini sebagian besar keju berasal dari Eropa.

Gambar oleh lipefontes0 dari Pixabay

Promo Shopee Roti Cake Donat Brownies by Rotte Bakery