fbpx

Sejarah Hari AIDS Sedunia yang Diperingati Setiap 1 Desember

Sejarah Hari AIDS Sedunia yang Diperingati Setiap 1 Desember

Sejarah Hari AIDS Sedunia – Setiap tanggal 1 Desember, dunia memperingati World AIDS Day (Hari AIDS Sedunia). AIDS merupakan singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome yaitu kumpulan atau gejala infeksi yang muncul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia. Di masyarakat, orang dengan HIV/AIDS (ODHA) banyak mendapat stigma dan diskriminasi karena termasuk dalam kategori penyakit menular.

Pada tanggal 1 Desember 2021 diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia, dimana bertujuan untuk memberikan pemahaman dan mengedukasi pentingnya mencegah penyakit AIDS. Hari AIDS sedunia juga untuk mengingatkan orang-orang mengenai salah satu penyakit paling berbahaya di dunia, yakni HIV-AIDS.

Baik HIV dan AIDS kerap dilambangkan dengan simbol pita merah. Apa arti yang terkandung di dalam simbol pita merah, dan bagaimana asal usulnya?

Baca Juga :  Rotte Bakery berikan Roti untuk suku Sakai pada saat CFD

Sejarah pita merah simbol HIV-AIDS

Dikutip dari UNaids, sebuah group bernama Visual AIDS didirikan di New York oleh para profesional seni terhadap 1988 sebagai respons atas pengaruh AIDS terhadap group seniman. Tiga tahun kemudian, terhadap 1991, para seniman ini berkumpul mendesain simbol visual untuk penyakit tersebut.

Terinspirasi pita kuning untuk menghormati tentara Amerika Serikat yang bertugas di Perang Teluk, para seniman ini membuat logo berupa pita merah. Warna merah dipilih sesuai warna darah, bersama lengkungan yang melambangkan jantung-hati atau cinta.

Awalnya terbatas di kalangan seniman

Di awal-awal penggunaan, pita merah simbol HIV-AIDS disertai teks atau tulisan yang mengatakan artinya. Ketika itu, pita merah dibikin dan didistribusikan cuma di kalangan artis atau seniman. Namun belakangan setelah jadi populer, teks berikut tidak dulu lagi disertakan.

Baca Juga :  5 Oleh-oleh yang Bisa Dibeli Jika Kamu Berkunjung ke Pematangsiantar

Logo pita merah simbol HIV-AIDS jadi terkenal lebih dari satu pekan setelahnya, ketika jadi nampak di beragam ajang bergengsi layaknya Oscars. Dalam pas singkat, logo ini lantas mendunia. Tahun 1992 di dalam konser untuk menghormati musisi Freddie Mercury, lebih dari 100.000 orang mengenakan pita merah.

%d bloggers like this: