Cara dan Tips agar Diterima Kerja sebagai Baker Ketika Melamar atau Mengisi Lowongan Pekerjaan

Cara dan Tips agar Diterima Kerja sebagai Baker Ketika Melamar atau Mengisi Lowongan Pekerjaan

Rotte Bakery –  Baker adalah seorang profesional yang membuat berbagai jenis roti, kue, pastry, dan produk beras lainnya. Baker biasanya bekerja di toko roti, kafe, hotel, restoran, atau industri makanan. Untuk menjadi seorang baker yang handal, dibutuhkan keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman yang cukup.

Snack Box Enak dan Murah Meriah dan Enak dari Rotte Bakery

Tips Melamar Pekerjaan Sebagai Baker

Jika Anda tertarik untuk melamar pekerjaan sebagai seorang baker, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan dan perhatikan agar peluang Anda diterima lebih besar. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

1. Buat CV yang menarik dan informatif.

CV adalah dokumen yang mencerminkan diri Anda sebagai pelamar pekerjaan. CV harus dibuat dengan singkat, padat, jelas, tetapi tetap informatif. Sertakan informasi penting seperti data pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, prestasi, dan referensi. Pastikan CV Anda sesuai dengan posisi yang Anda lamar dan tidak ada kesalahan penulisan atau tata bahasa.

2. Gali informasi tentang perusahaan yang Anda lamar.

Sebelum melamar pekerjaan sebagai seorang baker, ada baiknya Anda mencari tahu tentang profil perusahaan, visi dan misi, produk atau layanan yang ditawarkan, budaya kerja, dan persyaratan yang dibutuhkan.

Hal ini akan membantu Anda untuk menyesuaikan CV dan surat lamaran Anda dengan kebutuhan dan harapan perusahaan. Selain itu, Anda juga akan lebih siap untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan saat wawancara. Penting bagi anda untuk mengetahui informasi tentang perusahaan sebagai bukti bahwa kita mengenali perusahaan dan tahu apa yang harus kita kerjakan kedepannya.

3. Siapkan portofolio atau contoh hasil karya Anda.

Sebagai seorang baker, Anda harus dapat menunjukkan kualitas dan kreativitas hasil karya Anda kepada calon employer. Oleh karena itu, siapkan portofolio atau contoh hasil karya Anda yang terbaik dan paling relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Anda dapat menyertakan foto-foto produk roti atau kue yang pernah Anda buat beserta deskripsi singkatnya. Jika memungkinkan, bawa juga sampel produk roti atau kue yang masih segar dan enak saat wawancara.

4. Latih kemampuan baking dan komunikasi Anda.

Untuk menjadi seorang baker yang profesional, Anda harus memiliki kemampuan baking yang baik dan komunikasi yang lancar. Kemampuan baking meliputi pengetahuan tentang bahan-bahan, alat-alat, teknik-teknik, resep-resep, dan standar kebersihan dan keselamatan dalam membuat roti atau kue.

Kemampuan komunikasi meliputi cara berbicara dengan sopan, jelas, dan ramah dengan pelanggan, rekan kerja, atasan, dan pemasok. Untuk meningkatkan kemampuan baking dan komunikasi Anda, Anda dapat belajar dari buku-buku, kursus online, video tutorial, atau praktik langsung di dapur.

5. Tunjukkan sikap positif dan antusias saat melamar pekerjaan.

Sikap positif dan antusias adalah modal penting untuk melamar pekerjaan sebagai seorang baker. Tunjukkan bahwa Anda memiliki minat dan passion yang tinggi terhadap pekerjaan tersebut. Tunjukkan juga bahwa Anda bersedia untuk belajar hal-hal baru dan mengembangkan diri Anda secara profesional.

Saat melamar pekerjaan secara online, pastikan Anda mengirimkan CV dan surat lamaran dengan bahasa yang baik dan sopan. Saat wawancara, pastikan Anda datang tepat waktu, berpakaian rapi dan bersih, menjaga kontak mata dan senyum dengan pewawancara.

6. Carilah Koneksi (Orang Dalam/Kenalan) untuk Mempermudah Administrasi

Jika ingin bekerja sebagai baker baiknya memiliki koneksi orang dalam untuk mempermudah proses administrasi. Tapi untuk tahapan selanjutnya diperlukan skill dan kompetensi dari diri sendiri.

Kesimpulan

Dengan menerapkan tips-tips di atas, diharapkan Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk diterima kerja sebagai seorang baker. Ingatlah bahwa menjadi seorang baker bukan hanya sekadar membuat roti atau kue yang lezat, tetapi juga memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan. Semoga berhasil!

Sumber:
(1) 15+ Cara Interview yang Baik agar Diterima Kerja – LokerPintar.id
(2) 10 Tips Menulis CV Agar Diterima Kerja | MyRobin.
(3) Tips Melamar Kerja Agar Diterima | MyRobin.

Promo Shopee Roti Cake Donat Brownies by Rotte Bakery