fbpx

Pesona Keindahan Surga Tersembunyi di Riau Green Canyon Gulamo Kampar

Wisata Green Canyon Gulamo Kampar Riau p2

Pekanbaru, Rotte Bakery – Jika di Amerika Serikat memiliki Ngarai Besar (Grand Canyon), di Indonesia juga memiliki ngarai hijau (green canyon) yang cukup terkenal yaitu Green Canyon Cijulang yang terletak di Pangandaran, Jawa Barat.

Di Kabupaten Kampar Riau juga ada Sungai yang keindahannya tidak kalah dengan wisata sungai lain lengkap dengan green canyon-nya. Namanya Green Canyon Gulamo, lokasinya dikawasan PLTA Koto Panjang. Lebih tepatnya masuk dalam wilayah Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Wisata Green Canyon Gulamo Kampar Riau
Photo by Instagram / @gulamo_kampar

Green Canyon Gulamo di Kampar ini tepatnya terhampar di kaki deretan Bukit Barisan. Destinasi wisata Green Canyon Gulamo ini dihiasi batu-batu cadas dengan air yang mengalir tenang, dilengkapi oleh air terjun yang menawan.

Hijaunya aliran sungai yang membelah ngarai dan tebing membuat Green Canyon Gulamo tak kalah indah dengan Grand Canyon Cijulang di Pangandaran Jawa Barat ataupun Grand Canyon versi Amerika Serikat.

Baca Juga :  5 Manfaat Roti Gandum Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui
Wisata Green Canyon Gulamo Kampar Riau p2
Photo by Instagram / @gulamo_kampar

Saat menyusuri Sungai Gulamo mata kita akan dihiasi oleh pemandangan hijau dan rimbunnya pepohonan. Di tambah denga air terjun yang mengalir deras ke sungai. Keindahan Sungai Gulamo tidak terbantahkan lagi. Tidak heran Sungai Gulamo tempat Green Canyon Gulamo ini berada, ramai dikunjungi oleh wisatawan khususnya hari libur dan akhir pekan.

Jam Operasional

Berdasarkan informasi dari Genpi.id (18/11/2021) wisata sungai ini dibuka setiap hari dari pagi hingga sore. Hanya di hari Jumat yang libur. Buka dari jam 09.00 pagi sampai dengan jam 05.00 sore waktu setempat.

Biaya Tiketnya

Dilansir dari Genpi.id (18/11/2021) untuk dapat menikmati wisata Sungai Gulamo ini, kita perlu menyewa perahu atau sampan. Harga sewanya lumayan jika bayar sendiri. Tapi kalau dibayar patungan bersama teman-teman atau keluarga akan terasa lebih ringan. Biaya sewa perahunya berkisar antara Rp 500.000 sampai Rp 600.000.

Daya Tarik Wisata Green Canyon Gulamo

Wisata Green Canyon Gulamo memiliki banyak daya tarik dan wajib dikunjungi karena tempat ini masuk dalam daftar Surga Tersembunyi oleh Anugerah Pesona Indonesia di Tahun 2019 yang lalu. Masuk dalam daftar ini sudah menjadi bukti konkret bahwa tempat ini memiliki keindahan yang luar biasa.

Baca Juga :  Menikmati Roti Lembut dengan Secangkir Kopi di Rotte Bread & Coffee

Selama berperahu, kita akan merasakan ketenangan dan udara sejuk. Disambut dengan suguhan rimbunnya tumbuh-tumbuhan di sisi-sisi danau. Dapat dilihat juga batang-batang pohon mati yang terendam seakan menghiasi perjalanan menuju spot wisata Green Canyon Gulamo.

Selama perjalanan sesekali kita akan bertemu dengan nelayan yang sedang mencari ikan dan warga setempat yang sedang beraktivitas.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by INFO PEKANBARU, RIAU (@pkucity)

Selama kurang lebih 1 jam perjalanan dengan perahu membelah danau PLTA Koto Panjang, perahu akan memasuki sungai Gulamo. Di sini kita akan melihat warna air sungai yang hijau terang. Memasuki kerimbunan, udara pun terasa lebih sejuk dan segar.

Baca Juga :  Rotte Bakery Cabang ke 20 Buka di Awal Januari 2019

Melewati aliran sungai yang dangkal, sesekali perahu akan didorong sampai ke aliran yang lebih dalam. Semakin jauh menyusuri sungai, kita akan bertemu dengan dua air terjun yang menjadi ikon wisata sungai Gulamo. Kita bisa melakukan aktivitas seru di sini.

Disini kita bisa mandi di aliran sungai, berendam di bawah pancuran air terjun, atau melompat dari bebatuannya. Rekreasi akan semakin terasa dan berkesan dengan kamu basah-basahan di sini. Intinya wisata ini menjadi tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi ketika liburan.

Penasaran dengan keindahan Green Canyon Gulamo dari Kampar? Yuk tonton videonya disini.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Pku, Pekanbaru, Riau (@galeririau)

%d bloggers like this: