Roti John : Sejarah Asal Usul, Varian dan Cara Membuat Roti John

Roti John : Sejarah Asal Usul dan Cara Membuat Roti John

Rotte Bakery – Roti John adalah salah satu hidangan khas Singapura yang juga sangat populer di negara-negara Asia Tenggara lainnya. Roti ini terkenal dengan rasa yang lezat dan gurih, menjadikannya pilihan favorit bagi banyak orang.

Snack Box Enak dan Murah Meriah dan Enak dari Rotte Bakery

Roti John biasanya terdiri dari irisan daging cincang yang dibumbui dengan rempah-rempah, seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai. Selain itu, roti ini juga dilengkapi dengan telur yang dikocok dan kemudian dipanggang hingga matang.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang sejarah, cara pembuatan, dan variasi roti John yang ada.

Apa itu Roti John?

Roti John adalah sejenis hidangan panas yang terdiri dari sepotong roti yang diisi dengan bahan isi seperti daging cincang, telur, bawang merah, bawang putih, bawang bombai, cabai, saus tomat, mayonaise, dan saus sambal. Roti John biasanya dipanggang atau digoreng dalam mentega atau minyak, kemudian dihidangkan panas-panas sebagai makanan jajanan atau camilan.

Hidangan ini memiliki rasa yang gurih dan pedas, dan sering kali disajikan dengan tambahan saus dan acar sebagai pelengkap. Roti John merupakan hidangan populer di Singapura dan Malaysia, dan juga telah menyebar ke negara-negara lain di Asia Tenggara. Roti John kini telah menjadi salah satu makanan populer di Malaysia, Singapura, dan Indonesia.

Di Singapura sendiri roti john dibandrol dengan harga 5 dollar sampai dengan 10 dollar Singapura. Jika dikonversikan dalam rupiah berkisar pada harga Rp60 ribu sampai dengan Rp120 ribu.

Asal Usul Roti John

Nama “Roti John” sendiri memiliki penuturan yang menarik mengenai asal usulnya. Akan tetapi, ada beberapa version yang berbeda tentang asal usul Roti John ini.

Salah satu versi yang populer adalah bahwa Roti John pertama kali dibuat oleh seorang pria bernama Shukor Abdullah di sebuah gerobak makanan di Singapura pada tahun 1960-an. Konon, dia sering membuat roti dengan isian seperti telur, sosis, bawang bombay, dan saus tomat untuk para pelanggan yang merasa lapar di malam hari. Roti ini menjadi sangat populer di kalangan penduduk setempat dan kemudian menyebar luas di Singapura, Malaysia dan juga Indonesia.

Namun, ada juga versi lain yang berbicara tentang asal usul Roti John. Ada sejarawan makanan yang berpendapat bahwa asal usul Roti John berasal dari Malaka, Malaysia pada sekitar tahun 1970-an. Menurut cerita ini, Roti John pertama kali diciptakan oleh seorang warga yang bernama John, yang merupakan seorang pedagang makanan jalanan yang menjual roti dengan isian sosis, telur, bawang bombay, dan saus tomat. Roti ini sangat populer di kalangan penduduk setempat dan mereka memberi nama roti tersebut sama seperti nama penjualnya, yaitu John.

Berdasarkan sumber dari Liputan6.com, Dalam wawancara sejarah lisan yang direkam di Arsip Nasional Singapura, Pakirisamy Rajagopal menceritakan bahwa roti john awalnya dijual di kios-kios di sepanjang Jalan Koek, Singapura. Itu merupakan tempat yang sering dikunjungi tentara Inggris saat itu.

Menurutnya, salah satu penjaja India muslim bernama Abdul sering bertanya pada orang Inggris, “Roti, John?” yang diterjemahkan secara bebas untuk menanyakan apakah mereka menginginkan roti. Nama “John” digunakan sebagai referensi untuk pria asing yang datang untuk makan. Dari sana, nama itu muncul begitu saja.

Meskipun asal usul Roti John ini belum sepenuhnya jelas, yang pasti adalah Roti John telah menjadi salah satu makanan favorit di masyarakat Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Makanan ini biasanya dijual di gerobak-gerobak makanan jalanan dan restoran-restoran kecil di berbagai daerah.

Roti John biasanya disajikan dalam bentuk roti lapis dengan isian yang lengkap, seperti telur dadar, sosis, bawang bombay, saus tomat, mayones, dan kadang-kadang juga tambahan lainnya seperti keju, ayam, atau daging. Rasanya yang gurih dan mudah disajikan membuat roti ini menjadi makanan yang populer dan sering disantap sebagai sarapan atau camilan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Roti John juga telah mengalami variasi dalam isian dan tampilannya. Ada Roti John dengan isian berbeda seperti seafood, ikan asin, dan bahkan isian vegetarian. Beberapa juga menggunakan roti seperti baguette sebagai dasar dari Roti John mereka. Hal ini menunjukkan kekayaan kreativitas dan perkembangan makanan dalam dunia kuliner di Asia Tenggara.

Roti John mungkin memiliki cerita asal usul yang berbeda-beda, tetapi yang terpenting adalah bagaimana makanan ini telah menjadi semakin dikenal dan disukai oleh masyarakat. Roti John adalah contoh yang baik dari bagaimana makanan dapat menggabungkan warisan budaya dan inovasi kuliner menjadi sebuah hidangan yang lezat dan populer di kalangan banyak orang.

Resep Sederhana Membuat Roti John di Rumah

Roti John merupakan salah satu makanan yang menjadi kegemaran banyak orang. Roti ini biasanya terdiri dari roti lapis dengan isian daging dan sayuran yang lezat. Jika Anda ingin mencoba membuat Roti John di rumah, berikut adalah resep sederhana yang bisa Anda coba:

Bahan-bahan:

– 4 lembar roti tawar
– 1/4 bawang bombay, cincang halus
– 2 butir telur
– 1 sendok makan saus tomat
– 1 sendok saus sambal (opsional)
– 1 sendok makan mayonais
– Garam dan merica secukupnya
– Margarin secukupnya untuk menumis

Cara membuat:

1. Panaskan sedikit margarin di wajan yang sudah dipanaskan.
2. Tumis bawang bombay hingga harum dan berwarna kecokelatan.
3. Pecahkan telur ke dalam teflon, masak telur hingga telur matang.
4. Panggang roti tawar di atas teflon hingga matang dan berwarna kecokelatan.
5. Oleskan margarin di atas roti tawar yang telah dipanggang.
6. Ambil telur dan letakkan di atas lembaran roti tawar yang sudah di panggang.
7. Letakkan bawang bombay yang sudah harum diatas roti yang sudah dipanggang.
8. Tambahkan saus tomat, saus sambal, garam, merica dan mayones sesuai selera.
9. Tutup dengan satu lembar roti tawar lainnya.
10. Lakukan langkah yang sama hingga bahan habis.
11. Potong Roti John menjadi beberapa bagian.
12. Sajikan Roti John hangat dan jangan lupa difoto 😀

Selamat mencoba membuat Roti John di rumah! Selamat menikmati hidangan lezat yang bisa dinikmati bersama keluarga atau teman-teman terdekat.

Pilihan Varian Roti John

1. Roti John Biasa: Roti john dengan isian daging burger yang dipanggang, telur, bawang bombay, saus tomat, dan mayones.

2. Roti John Sosis: Roti john dengan isian sosis yang dipanggang, keju meleleh, bawang bombay, saus tomat, dan mayones.

3. Roti John Ayam: Roti john dengan isian daging ayam yang dipanggang, telur, bawang bombay, saus cabai, dan mayones.

4. Roti John Seafood: Roti john dengan isian udang, cumi-cumi, ikan fillet yang dipanggang, telur, bawang bombay, saus tomat, dan mayones.

5. Roti John Vegetarian: Roti john dengan isian sayuran seperti wortel, brokoli, kacang polong, bawang bombay, saus tomat, dan mayones.

6. Roti John Keju: Roti john dengan isian keju cheddar yang meleleh, daging burger yang dipanggang, bawang bombay, saus tomat, dan mayones.

7. Roti John Mushroom: Roti john dengan isian jamur, daging burger yang dipanggang, bawang bombay, saus tomat, dan mayones.

8. Roti John Spesial: Roti john dengan isian daging burger, telur, sosis, bawang bombay, saus tomat, saus cabai, dan mayones.

9. Roti John Rendang: Roti john dengan isian daging rendang yang dipanggang, bawang bombay, saus tomat, dan mayones.

10. Roti John BBQ: Roti john dengan isian daging ayam panggang BBQ, bawang bombay, saus BBQ, dan mayones.

Kesimpulan

Dalam pembahasan mengenai asal usul, resep, dan varian roti John, dapat disimpulkan bahwa roti John merupakan hidangan yang unik dan lezat. Roti ini memiliki sejarah panjang yang berasal dari Singapura, namun kini telah tersebar di berbagai negara di Asia Tenggara. Resep roti John dapat disesuaikan dengan variasi bahan dan isian yang berbeda, memungkinkan kita untuk menyesuaikannya dengan selera individu.

Terdapat banyak varian roti John yang populer, seperti roti John sosis, roti John daging, dan roti John seafood. Roti John menjadi hidangan yang populer dan digemari oleh banyak orang karena rasa lezatnya dan kemudahan dalam pembuatannya. Jadi, roti John dapat menjadi pilihan yang sempurna untuk menyajikan hidangan yang sederhana namun lezat bagi keluarga dan teman-teman.

Sumber Foto : Roti John – Indozone

Promo Shopee Roti Cake Donat Brownies by Rotte Bakery