Ini 9 Manfaat Roti Gandum Bagi Kesehatan

roti gandum

Pekanbaru, Rotte Bakery – Roti tawar merupakan makanan yang paling banyak digemari oleh masyarakat sebagai menu sarapan. Roti tawar memiliki banyak jenis dan salah satu jenis roti tawar yang cukup populer adalah roti gandum. Roti gandum memiliki kandungan gizi baik bagi kesehatan. Dalam 100 gr roti gandum mengandung lemak 4,11gr, lemak jenuh 0,895 gr, protein, 9,13 gr, karbohidrat 47,14 gr, serat 4,4 gr dan gula 5,49 gr.

Snack Box Enak dan Murah Meriah dan Enak dari Rotte Bakery

Didalam masing-masing gizi tersebut memiliki manfaat kesehatan, diantaranya dapat dikonsumsi bagi orang yang memiliki riwayat penyakit kolestrol karena kandungan kolestrol pada roti gandum 0 mg. Tak hanya itu, masih banyak manfaat lain yang dapat menjadi acuan untuk mengkonsumsi roti yang baik bagi kesehatan.

9 Manfaat Roti Gandum Bagi Kesehatan

Nah dalam artikel ini akan membahas mengenai 9 manfaat roti gandum bagi kesehatan.

1. Meningkatkan pencernaan menjadi lebih baik

Manfaat roti gandum yang selanjutnya adalah meningkatkan pencernaan. Serat adalah nutrisi penting bagi kesehatan pencernaa. Mengkonsumsi banyak serat melalui biji-bijian membuka jlan bagi bakteri usus yang sehat untuk berkembang. Dalam jurnal Fiber and prebiotics : Mechanisms and health benefits, apa yang disebut efek “pre-biotik” ini telah ditemukan untuk meningkatkan kesehatan usus besar dan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan dapat bermanfaat melancarkan proses pencernaan.

2. Kenyang lebih lama

Gandum merupakan makanan pokok kedua setelah beras diindonesia. Selain memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap, gandum juga termasuk salah satu bahan pangan terbesar kedua didunia setelah jagung. Roti gandum terbuat dari biji gandum, terutama gandum utuh sehingga diproses lebih lama dalam sistem pencernaan dibandingkan roti tawar lainnya. Hal inilah yang membuat roti gandum sangat direkomendasikan untuk anda yang ingin menurunkan berat badan atau sedang mengikuti program diet.

3. Lebih kaya zat gizi.

Roti gandum memiliki kandungan nutrisi yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh anda. Roti gandum merupakan makanan bergizi yang sangat baik untuk pertumbuhan dan cocok dikonsumsi disemua kalangan, baik anak-anak, orang dewasa, maupun ibu hamil. Roti gandum utuh memiliki lebih banyak kandungan zat gizi seperti Vitamin B dan serat dibanding roti jenis lainnya.

4. Rendah kalori

Keunggulana lain roti gandum selain memiliki kandungan gizi yang tinggi, juga memiliki kandungan kalori yang rendah. Mengkonsumsi roti gandum dapat memenuhi kebutuhan gizi tubuh, namun tidak meningkatkan kalori tubuh. Keunggulan ini yang menjadikan roti gandum merupakan pilihan yang tepat bagi anda yang sedang menurunkan berat badan.

5. Mencegah obesitas

Obesitas sering dikaitkan dengan resiko berbagai penyakit serius seperti diabetes dan penyakit kardiovaskuler. Roti gandum tidak hanya menjadi menu yang tepat untuk menurunkan berat badan, namun juga berguna untuk menjaga berat badan dan menjaga beran badan tetap ideal. Hal ini dikarenakan kalori yang diterdapat pada roti gandum tergolong rendah sehingga dapat mencegah obesitas. Selain itu kandungan gula yang rendah sekitar 5,49 g dapat dikonsmsi bagi penderita diabetes. Namun salah satu cara menjaga berat badan dan kesehatan tubuh tetap dengan menjaga asupan makanan dan memilih makanan yang tepat bagi tubuh.

6. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan didunia sehingga perlu dihindari dengan salah satunya menjaga pola makan dan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Roti gandum merupakan roti yang terbuat dari gandum utuh yang mengandung serat lebih banyak, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatab jantung. Berbagai penelitian membuktikan bahwa rutin mengkonsumsi gandum utuh dapat menurunkan resikopenyakit jantung hingga 22%.

7. Menurunkan resiko stroke

Pada umumnya produk roti gandum mengandung kolestrol yang sangat rendah dan bahkan ada yang tidak mengandung kolestrol sama sekali. Sebaliknya, roti gandum mengandung asam lemak tak jenuh atau lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Perlu diketahui bahwa kolestrol jahat merupakan salah satu pemicu penyakit stroke. Kolesterol jahat menumpuk dan membentuk plak yang kemudian menyumbat pembuluh darah yang memicu penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, mengkonsumsi roti gandum dapat mengurangi resiko stroke karena mengandung kolesterol yang sedikit.

8. Menurunkan resiko diabetes

Roti gandum baik dikonsumsi oleh ibu hamil selain untuk memenuhi nutrisi juga bermanfaat untuk menurunkan resiko diabetes. Selama masa kehamilan, resiko diabetes dan darah tinggi dapat meningkat. Mengkonsumsi roti gandum dapat menrunkan resiko obesitas yang merupakan salah satu faktor penyebab diabetes. Penelitian menunjukkam bahwa mengkonsumsi gandum utuh dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensivitas insulin. Selain itu, indeks glikemik dan muatan glikemik roti gandum cukup rendah, sehingga tidak terlalu cepat meningkatkan gula darah dibanding roti lainnya.

9. Mengurangi peradangan kronis

Manfaat roti gandum yang selanjutnya adalah mengurangi peradangan kronis. Peradangan adalah akar dari banyak penyakit kronis. Beberapa bukti menunjukkan bahwa biji-bijian dapat membantu mengurangi peradangan. Penelitian U.s National Library of Medicine, orang-orang dengan pola makan yang tidak sehat mengganti produk gandum olahan dengan produk gandum utuh dan melihat penurunan penanda inflamasi.

Kesimpulan

Segala bentuk gandum, termasuk gandum utuh, oat, beras merah, barley, jagung, dan gandum hitam, akan memberikan manfaat bagi kesehatan terutama kesehatan jantung. Itu dia Rotte lovers berbagai manfaat roti gandum untuk kesehatan. Sudah siap mengganti roti putih dengan roti gandum? Sebagai informasi, Rotte Bakery sebagai usaha roti juga menyediakan jenis varian roti sehat ini, yakni roti gandum. Roti gandum ini bisa Rotte Lovers dapatkan dengan mudah di semua outlet Rotte Bakery.

Penulis : Nina Amelia S
Editor : Haryono

Promo Shopee Roti Cake Donat Brownies by Rotte Bakery